Monday, December 19, 2011

Dismenorhoe ? ini diaaa..

Setiap remaja cewek pasti mengalami yang namanya DISMENORHOE atau istilah umumnya Nyeri Menstruasi. Tau nggak kalian sebenarnya kenapa bisa nyeri haid?
Prosesnya bagaimana, bahayakah jika kita terkena nyeri haid dan bagaimana cara mengatasinya??
Oke girls,,kita langsung baca aja ‘EVERYTHING ‘BOUT DISMENORHOE‘ di bawah ini . . .
1. Apa itu Dismenorhoe?
Dismenorhoe atau nyeri haid merupakan rasa tidak enak di bagian perut bawah sebelum dan selama haid dan seringkali disertai dengan mual sehingga memaksa si penderita harus beristirahat untuk sejenak atau bahkan berapa hari lamanya.
Dismenornhoe itu dibagi 2:
a. Dismenorhoe Primer
Terjadi berapa waktu setelah menstruasi pertama biasanya 12 bulan atau lebih. Rasa nyeri timbul tidak lama atau bersama-sama dengan permulaan haid dan berlangsung untuk beberapa jam atau kadang bisa beberapa hari. Hal ini merupakan nyeri haid yang sifatnya normal dan sering dialami oleh remaja putri.
b. Dismenorhoe Sekunder
Nyeri haid ini disebabkan oleh adanya kelainan ginekologik misalnya karena salphyngitis (infeksi pada tuba fallopi), endometriosis, adenomiosis uteri dan lain-lain.
Nah,,ini dia yang sifatnya berbahaya karena menyangkut kelainan atau penyakit pada organ genital remaja putri. Hal tersebut biasanya terjadi secara tiba-tiba pada wanita yang sebelumnya tidak pernah mengalami dismenorhoe.
2. Penyebab Dismenorhoe
Karena pada saat fase sekresi pada masa menstruasi lapisan endometrium pada rahim kita memproduksi hormon prostaglandin F2 yang menyebabkan adanya kontraksi pada otot polos, Nah prostaglandin ini nantinya akan dilepaskan dalam peredaran darah sehingga akan dijumpai efek lain selain nyeri haid seperti diare, mual juga muntah.
Selain itu banyak faktor yang mendukung terjadinya dismenorhoe ini diantaranya faktor psikologis seseorang. Nah,sobat kalau kalian mendapatkan stressor stress yang berlebihan kemungkinan untuk mengalami nyeri haid akan semakin tinggi. Disamping itu jika pada saat menstruasi kalian mengeluarkan fragmen-fragmen secara keseluruhan (seperti gumpalan-gumpalan darah yang cukup banyak) maka pasti akan menimbulkan dismenorhoe. Hal ini karena pada saat fase sekresi korpus luteum mengeluarkan hormon progesteron yang berlebihan sehingga menyebabkan lapisan uterus kita menjadi tebal sehingga sulit untuk dihancurkan. Nah,kondisi ini yang menyebabkan proses pengeluaran tersebut menjadi nyeri kejang yang keras atau istilah dalam dunia kebidanan dismenorhoe membranasea.


3. Cara mengatasi Dismenorhoe
a. Rileks
Dismenorhoe adalah sesuatu yang fisiologis terjadi pada kaum wanita. Jadi kedatangannya jangan ditakutkan atau malah dibayangkan seperti nyeri persalinan. Nyeri persalinan saja bisa teratasi saat kita merasa rileks kenapa tidak untuk dismenorhoe??
Tarik napas dalam-dalam dari hidung dan keluarkan dari mulut akan membantu mengatasi dismenorhoe.
b. Alihkan Perhatian
Saat kita mengalami dismenorhoe alihkan perhatian kita dari rasa nyeri tersebut dengan melakukan kegiatan lain yang sederhana misalnya jogging, mendengarkan musik atau membaca bacaan santai. Karena jika semakin kamu memikirkan rasa sakit tersebut maka rasa sakit akan semakin parah.
c. Kompres hangat pada daerah perut bagian bawah
Lakukan pengompresan dengan air hangat pada perut bagian bawah akan menciptakan kenyamanan tersendiri disamping mengurangi intensitas nyeri yang ditimbulkan.
d. Rajin Olahraga
Menurut penelitian olahraga merupakan cara ampuh untuk mengatasi dismenorhoe. Dan pada seseorang yang rajin berolahraga nyeri dismenorhoe lebih ringan intensitasnya dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melakukan olahraga. Gak usah olahraga berat, cukup jogging dan bersepeda di sekitar kompleks rumah seminggu 2-3x uda bisa ngurangi faktor resiko timbulnya dismenorhoe.
e. Hilangkan faktor pencetus
Salah satunya kurangi stressor stress jika mendekati tanggal kamu menstruasi. Be have fun dan jadikan sesuatunya lebih mudah. Karena stress itu dibuat sendiri oleh si empu yang menganggap sesuatu itu sangat rumit.ok,,girls pejamkan mata sekarang dan katakan ‘ I’m ready to Solve all problem by my self because I’am strongger woman’
f. Go to ‘Midwife’ to get safety medicine
Ini merupakan cara terakhir jika kamu merasa uda nggak kuat menahan dismenorhoe. Segera pergi ke bidan terdekat untuk konsultasi dan ngeluarin uneg-uneg kamu ^^. Jangan membeli obat penghilang nyeri sembarangan karena bisa bikin kamu adiktif untuk selalu mencari ‘obat dewa’ yang kamu butuhkan saat nyeri menstruasi datang.
Ok,.Ladies . . . .
Udah siap mengatasi kenakalan ‘sahabat’ wanita saat menstruasi datang??? ^^v

No comments:

Post a Comment